Skip to main content

Manaemen Agribisnis ( buku: Downey)

1.    Sebutkan sejumlah alasan mengapa perusahaan agribisnis harus menambah modalnya.
Jawab :

Alasan terpenting untuk meningkatkan sumber daya agribisnis adalah untuk memperbesar pendapatan dan laba dengang mengadakan bisnis tambahan dana ekstra digunakan untuk keperluan umum, untuk meningkatkan likuiditas atau posisi kas atau untuk perluasan dan pertumbuhan usaha. Agribisnis dapat menemukan bahwa dananya terikat dalam aktiva tetap atau akiva lancar dan tidaak mapu membayar hutangnya sehari-hari. Rekening-rekening tidak dapat dibayar dengan aktiva yang tidak likuid (tidak dalam bentuk uang) seperti piutang usaha, persediaan, pesanan baru, atau suatu peralatan. Oleh sebab itu agribisnis membutuhkan kas sebagai modal kerja. Penambahan modal agribisnis bertujuan untuk melipatgandakan volume penjualan dan pendapatan dan sejalan dengan itu juga laba, dengan menggunakan pertambahan aktiva secara jitu.

2.    Bacalah setiap pertanyaan yang harus ditanyakan oleh manajer sebelum menambah sumber keuangan pada agribisnis.
Jawab :

Ketika manajer agribisnis memperrtimbangkan kemungkinan untuk memperoleh tambahan sumberdaya keuangan, bebrapa pertanyaan harus diajukan dan dijawab secara hati-hati. Pertanyaan-pertanyaanya adalah sebagai berikut:
a.    Apakah tambahan dan benar-benar dibutuhkan dalam agribisnis?
b.    Mengapa tambahan dana diperlukan?
c.    Berapa tambahan pendapatan dan/atau laba yang akan dihasilkan oleh tambahan dana?
d.   Kapan tambahan dana ini diperrlukan?
e.    Untuk jangka waktu berapa lama tambahan dana ini diperlukan?
f.     Berapa banyak yang dibutuhkan dari penambahan sumberdaya keuangan?
g.    Kapan tambahan dana ini dapat diperoleh?
h.    Berapa besar biaya yang akan timbul dari penambhan dana ini?
i.      Bila dana dipinjam, bagamana hutang ini akan dibayar kembali?

3.    Definisikan dan bedakan antara berbagai jenis pinjaman dan jelaskan keadaan dimana setiap jenis harus digunakan .
Jawab :

Jenis-jenis pinjaman :
a.    Pinjaman Jangka Pendek
Adalah pinjaman yang akan jatuh tempo dalam satu tahun atau kurang, dan digunakan apabila kebutuhan akan dana tambahan bersifat sementara. Ciri penting dari pinjaman jangka pendek adalah sifatnya yang mencair atau melikuidasi dengan sendirinya yaitu, pinjaman tersebut sering mengawali suatu proses reaksi berantai yang diakhiri dengan pelunasan pinjaman tersebut.
Pinjaman => barang persediaan => piutang => kas => pelunasan pinjaman
b.    Pinjaman Jangka Menengah
Bertujuan untuk menyediakan sumber modal agribisnis yang memungkinkan pertumbuhan atau modernisasi tanpa memaksa “pemilik” untuk melepaskan haknya untuk mengendalikan bisnis. Pinjaman jangka menengah biasanya digunakan untuk menyeddiakan modal dalam angka 1 sampai 5 tahun. Pinjaman seperti itu hampir selalu diamortisasi artinya dicicil selama jangka waktu pinjaman.
c.    Pinjaman Jangka Panjang
Pinjaman jangka panjang pada umumnya mempunyai masa pakai lebih dari 5 tahun. Pembedaan waktu diantara pinjaman ini mungkin sedikit dibuat-buat dan kadang-kadang ada tumpang tindih dalam kadar tertentu antara fungsi pinjaman jangka menengah dengan fungsi pinjaman jangka panjang tergantung falsafah dan kebijakan pemberi pinjaman dan peminjam. Perbedaan yang nyata antara pinjaman jangka panjang dan menengah biasanya terletak pada rencana penggunaan dana, dan juga prospek jangka panjang dari eksistensi dan solvensi perusahaan. Pinjaman jangka panjang ini bertujuan untuk memperoleh barang yang tidak bergerak yaitu untuk tanah dan bangunan.
d.   Modal ekuitas
Modal ekuitas dapat digunakan untuk keperluan yang sama seperti halnya dana yang dipinjam, tetapi ada perbedaan penting yaitu modal ekuitas tidak usah dibayar kembali. Modal ekuitas dapat diperoleh dengan menanamkan kembali laba usaha atau dengan meminta para penanam modal agar mau menambah investasinya dalam bisnis.




Comments

Popular posts from this blog

Memulai bisnis Online

Awalnya pasti berawal dari mau bisnis apa yg bisa menghasilkan uang cepat.  Perlu diketahui bahwa usaha apapun tidak mungkin bisa secepat kilat untuk dapetin keuntungan yang besar, terutama untuk para pemula bisnis. biasanya hal seperti ini dialami oleh mahasiswa tingkat akhir, yang nyambi nyekripsi tapi pengen cari pekerjaan yg bisa dapetin duit  sambil nunggu dosen yang susah ditemuin.  Gak salah kok, itu salah satu pemikiran baik, cari duit, tapi skripsi juga tetep jalan. Nih beberapa saran yang bisa aku kasih buat kamu yang punya masalah yang sama seperti aku jlasin tadi, pertma yang harus dilakukan adalah sering-sering liat online shop di instagram, fb, atau medsos lainnya. Pelajari bagaimana mereka menawarkan produk dengan promosi yang unik. Setelah itu, pasti deh bingung gimana cara dapetin produknya, misalnya mau usaha baju fashion cewek yang kekinian. Nah, kamu bisa ambil produk/ baju tersebut langsung dari konveksi atau supplier nya langsung, karena...

kewirausaaan "Pengusaha muda"

Nama : Theresia Lilik Triani NPM : 1114131112 Jurusan : Agribisnis Ringkasan cerita   “Jual Pisang Ijo Raup Omzet Ratusan Juta” Reizka, mahasiswi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran ini mampu meraup omzet mencapai Rp 850 juta dari hasil jualan pisang ijo dengan merek dagang JustMine. Dia pernah menjadi anggota multilevel marketing (MLM), karena tidak membuahkan hasil, Riezka beralih menjajal bisnis voucer pulsa yang akhirnya kandas juga. Setelah itu Reizka beralih pada usaha kuliner dengan membuka sebuah kafe di Bandung namun gagal juga. Akhirnya pada tahun 2007 mulai melirik pisang, dan berfikir bagaimana agar pisang dapat dikemas sebagai makan tradisional hingga sampai saat Reizka memutuskan untuk mengolahnya menjadi pisang ijo,. Reizka mampu mengembangkan pisang ijo ini dengan kreativitasnya. Dari pisang ijo tradisional dikembangkan dengan campuran vla yang ditambahkan dengan berbagai rasa, vanila, cokelat, keju, hingga durian. Harga pisang i...

Perilaku Konsumen

1.       Tuliskan definisi perilaku konsumen dan jelaskan apa pentingnya (hubungannya) mempelajari perilaku konsumen dalam pemasaran suatu produk(terjadinya pertukaran). A.     Pengertian Perilaku Konsumen. Menurut para ahli : 1.     Engel, Blackwell dan Miniard (1995) pemahaman terhadap perilaku konsumen mencakup pemahaman terhadap tindakan yang langsung yang dilakukan konsumen dalam mendapatkan, mengkonsumsi dan menghabiskan produk dan jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan tersebut. 2.     Hawkins, Best dan Coney (2007) menyatakan : Consumer behavior is the study if individuals, groups,or organitations and the processes they use to select, secure, use, and dispose of product, services, experiences or ideas to satisfy needs and the impact that these processes have on the consumer and society. Perilaku konsumen merupakan studi tentang bagaimana individu, kelompok, orga...