Skip to main content

Magrib

Nama                           : Theresia Lilik Triani
NPM                           : 1114131112
Jurusan                        : Agribisnis
Tugas Mata Kuliah      : Manajemen Agribisnis


1.    Mengapa kesempatan kerja di bidang agribisnis dewasa ini dan di massa mendatang kelihatan cukup terbuka?
Jawab:
Menurut saya, karena para wirausaha agribisnis memiliki peluang yang sangat besar untuk berkembang mengingat nilai ekonomi pemenuhan pangan nasional sangat besar. Peluang tersebut terlihat dari program empat sukses pembangunan pertanian yang kesemuanya terkait dengan pembangunan ketahanan pangan dan kemandirian pangan. Diantaranya adalah peningkatan produksi padi guna mencapai surplus beras 10 juta ton dalam waktu 5- 10 tahun ke depan. Pencapaian tersebut diupayakan melalui perluasan areal sawah di luar Jawa, termasuk pembangunan food estate di daerah potensial seperti Marauke, Papua serta pemanfaatan lahan sub optimal seperti rawa, pasang surut, lebak hingga lahan terlantar.  Selain itu ada juga beberapa target Kementerian Pertanian dalam mencapai ketahanan dan kemandirian pangan yang tentu mampu menciptakan peluang bagi para wirausahawan di bidang agribisnis.  Menteri Pertanian menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk mau menjadi wirausaha di bidang agribisnis karena potensi usaha di bidang pertanian masih banyak yang belum tergarapBahkan Menteri Pertanian berjanji akan memberikan fasilitas bagi pengembangan kewirausahaan di bidang pertanian dan pangan. Misalnya dengan memberi dukungan bagi wirausaha agraris yaitu memberikan pelatihan dan pendampingan usaha, pemberdayaan masyarakat, akses terhadap permodalan baik berupa bantuan sosial maupun kredit, promosi pasar serta perlindungan usaha.  Dari pernyataan tersebut sudah jelas, bahwa kesempatan dan peluang kerja di bidang agribisnis cukup terbuka, baik sekarang maupun di masa mendatang.

2.    Apakah anda lebih suka bekerja pada divisi pertanian perusahaan besar atau diperusahaan agribisnis lokal yang berukuran kecil? Mengapa?
Jawab:
Saya lebih suka bekerja pada divisi pertanian perusahaan kecil, namun bisa menghasilkan omset seperti perusahaan besar.  Dengan asumsi perusahaan kecil ini adalah milik sendiri. Artinya perusahaan kecil atau perseorangan ini diusahakan sendiri, saya lebih suka bekerja di perusahaan kecil karena laba yang diperoleh memungkinkan 100% menjadi milik sendiri.  Pemilik perusahaan juga tidak perlu berkonsultasi dengan orang lain dalam mengambil keputusan. Meskipun dalam pemasaran perusahaan kecil harus bersaing kuat dengan perusahaan besar tapi tidak menutup kemungkinan perusahaan kecil agribisnis mampu menghasilkan omset seperti perusahaan besar.  Sedangkan pada perusahaan besar, pengambilan keputusan tidak dapat ditentukan secara sepihak. Laba yang diterima diserahkan ke pihak perusahaan terlebih dahulu dan kita yang bekerja akan menerimanya sebagai bentuk gaji bekerja.

3.    Apa konsep manajemen dibidang bisnis yang dapat dengan mudah diterapkan untuk “memasarkan jasa anda kepada calon pembeli”? Tunjukkan dengan contoh bagaimana setiap alat bisa berguna bagi anda.
Jawab:
a.    Konsep berwawasan produksi
Konsumen akan memilih produk yang mudah didapat dan murah harganya sehingga fokus utamanya adalah meningkatkan efisiensi produksi dan memperluas cakupan distribusi.
b.    Konsep berwawasan produk
Konsumen akan memilih produk yang menawarkan mutu, kinerja terbaik dan hal-hal inovatif lainnya sehingga fokus utamanya adalah membuat produk yang lebih baik dan berusaha terus-menerus utntuk menyempurnakannya.
c.    Konsep berwawasan penjualan
Kalau konsumen dibiarkan saja maka konsumen tidaka akan membeli produk perusahaan dalam jumlah cukup. Oleh karena itu perusahaan harus melakukan usaha penjualan dan promosi yang agresif.
d.   Konsep berwawasan pemasaran
Kunci utuk mencapai tuajuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasarsasaran serta memberikan kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan efisien dari pada pesaingnya.
e.    Konsep berwawasan pemasaran masyarakat
Tugas perusahaan adalah menentukan kebutuhan dan keinginan serta kepentingan pasar sasaran dan memenuhinya dengan lebih afektif dan efisien daripada saingannyadengan cara mempertahankan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.

Contoh :
Dalam konsep manajemen untuk memasarkan barang atau jasa kepada pembeli saya menggunakan jaringan di dunia maya. Menurut saya internet dapat digunakan sebagai salah satu alat untuk memasarkan barang dan jasa yang akan di beli oleh calon pembeli. Dengan jaringan jaringan di internet maka akan mencakup calon pembeli yang lebih luas misalnay dapat dari berbagai tempat atau kalangan masyarakat mengenal produk barang dan jasa yang akan kita jual.

4.    Susun riwayat hidup bagi anda sendiri.
Jawab:
Data Pribadi
Nama                                  : Theresia Lilik Triani
Jenis Kelamin                     : Perempuan
Kewarganegaraan               : Indonesia
Status perkawinan              : Belum kawin
Tinggi badan                      : 159 cm, 52 kg

Agama                                : Katolik

Comments

Popular posts from this blog

Memulai bisnis Online

Awalnya pasti berawal dari mau bisnis apa yg bisa menghasilkan uang cepat.  Perlu diketahui bahwa usaha apapun tidak mungkin bisa secepat kilat untuk dapetin keuntungan yang besar, terutama untuk para pemula bisnis. biasanya hal seperti ini dialami oleh mahasiswa tingkat akhir, yang nyambi nyekripsi tapi pengen cari pekerjaan yg bisa dapetin duit  sambil nunggu dosen yang susah ditemuin.  Gak salah kok, itu salah satu pemikiran baik, cari duit, tapi skripsi juga tetep jalan. Nih beberapa saran yang bisa aku kasih buat kamu yang punya masalah yang sama seperti aku jlasin tadi, pertma yang harus dilakukan adalah sering-sering liat online shop di instagram, fb, atau medsos lainnya. Pelajari bagaimana mereka menawarkan produk dengan promosi yang unik. Setelah itu, pasti deh bingung gimana cara dapetin produknya, misalnya mau usaha baju fashion cewek yang kekinian. Nah, kamu bisa ambil produk/ baju tersebut langsung dari konveksi atau supplier nya langsung, karena...

kewirausaaan "Pengusaha muda"

Nama : Theresia Lilik Triani NPM : 1114131112 Jurusan : Agribisnis Ringkasan cerita   “Jual Pisang Ijo Raup Omzet Ratusan Juta” Reizka, mahasiswi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran ini mampu meraup omzet mencapai Rp 850 juta dari hasil jualan pisang ijo dengan merek dagang JustMine. Dia pernah menjadi anggota multilevel marketing (MLM), karena tidak membuahkan hasil, Riezka beralih menjajal bisnis voucer pulsa yang akhirnya kandas juga. Setelah itu Reizka beralih pada usaha kuliner dengan membuka sebuah kafe di Bandung namun gagal juga. Akhirnya pada tahun 2007 mulai melirik pisang, dan berfikir bagaimana agar pisang dapat dikemas sebagai makan tradisional hingga sampai saat Reizka memutuskan untuk mengolahnya menjadi pisang ijo,. Reizka mampu mengembangkan pisang ijo ini dengan kreativitasnya. Dari pisang ijo tradisional dikembangkan dengan campuran vla yang ditambahkan dengan berbagai rasa, vanila, cokelat, keju, hingga durian. Harga pisang i...

Perilaku Konsumen

1.       Tuliskan definisi perilaku konsumen dan jelaskan apa pentingnya (hubungannya) mempelajari perilaku konsumen dalam pemasaran suatu produk(terjadinya pertukaran). A.     Pengertian Perilaku Konsumen. Menurut para ahli : 1.     Engel, Blackwell dan Miniard (1995) pemahaman terhadap perilaku konsumen mencakup pemahaman terhadap tindakan yang langsung yang dilakukan konsumen dalam mendapatkan, mengkonsumsi dan menghabiskan produk dan jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan tersebut. 2.     Hawkins, Best dan Coney (2007) menyatakan : Consumer behavior is the study if individuals, groups,or organitations and the processes they use to select, secure, use, and dispose of product, services, experiences or ideas to satisfy needs and the impact that these processes have on the consumer and society. Perilaku konsumen merupakan studi tentang bagaimana individu, kelompok, orga...